Jumat, 27 Juli 2007

Siapa nama keluarga Anda?

Pada saat masa pemerintahan tiga kaisar dan lima raja, di Cina, nama keluarga selalu panjang dan biasanya hanya satu nama dari ibu dan bukan nama ayah. Sebab karakter nama keluarga di Cina dibuat dari dua jenis individu, pertama yang berartikan perempuan dan satunya yang mengartikan tanggal kelahiran. Dan, itu berarti bahwa nama keluarga berasal dari garis ibu.

Sebelum tiga dinasti dari Xia, Shang dan Zhou (2140-256 BC), masyarakat Cina selalu memulai nama keluarganya dengan Xing dan nama marga (Shi). Dengan menggunakan nama keluarga, hal itu berarti menandakan dari daerah mana dia berasal. Selain tentunya, nama keluarga juga dapat memberitahukan mengenai nama suku asal.

Namun demikian, hanya kaum bangsawan yang dapat memakai nama marganya. Untuk lelaki dan perempuan dari nama marga yang sama dapat menikah, namun mereka tidak diperbolehkan menggunakan nama keluarga yang sama.

Hal ini dikarenakan berdasarkan penemuan pada zaman dahulu, pernikahan yang dilakukan tersebut dapat mengganggu kelangsungan generasi selanjutnya. Dalam acara yang keagamaan ataupun pesta penting, pemberian nama suku di tulis di atas lentera atau lampion selanjutnya diletakkan di tempat yang dianggap dapat dilihat semua orang.

Nama marga, mengindikasikan adanya keturunan dari leluhur. Selain itu juga dituliskan pada batu nisan lelaki yang berarti harapan untuk kembali lagi. Hal ini terus berlangsung selama 800 tahun dan sepanjang masa kekaisaran Tang Tai Zong (627 AD).

Pada masa pemerintahan, Gao Shi Lian, mereka melakukan penelitian dan ditemukan terdapat lebih dari 593 perbedaan nama keluarga. Selanjutnya mereka menulis dan mempublikasikannya dalam buku yang diberi nama Annal of Surnames, yang merupakan petunjuk untuk menyeleksi setiap orang agar dapat disusun.

Buku berjudul "Surnames of Hundred Families", sangat terkenal di Cina, karena disitu tertulis nama keluarga selama 1000 tahun pada masa dinasti dari utara (960 AD). Dengan rekod 438 nama keluarga, 408 belum menikah dan 30 nama keluarga yang berasal dari dua nama keluarga.

Berdasarkan statistik di Cina, dengan nama keluarga Zhang, dimiliki hampir 100 juta, dibuat berdasarkan nama keluarga di Cina. Berikut ini 10 nama keluarga Cina, Zhang, Wang, Li, Zhao, Chen, Yang, Wu, Liu, Huang dan Zhou.

Sementara itu nama keluarga yang berada di bawah sepuluh besar, terdapat nama, Xu, Zhu, Lin, Sun, Ma, Gao, Hu, Zheng, Guo dan Xiao. Dan, yang menempati posisi ke tiga dari 10 yang utama nama keluarga menempati 10% populasi, yaitu Xie, He, Xu, Song, Shen, Luo, Han, Deng, Liang dan Ye.

Selanjutnya adalah 15 nama keluarga, yang menempati empat besar dari grup nama keluarga adalah, Fang, Cui, Cheng, Pan, Cao, Feng, Wang, Cai, Yuan, Lu, Tang, Qian, Du, Peng dan Lu.
Dengan jumlah total 70% dari populasi di Cina memiliki nama keluarga. Dan, 30% sisanya, adalah nama keluarga Mao, Jiang, Bai, Wen, Guan, Liao, Miao dan Chi.

Sekarang, Anda masuk di dalam nama keluarga yang mana?

Tidak ada komentar: