Minggu, 25 Januari 2015

aneka game unik

Uno Stacko with Punishment
Kurang lebih permainannya adalah menyusun balok-balok Uno Stacko menjadi bangunan tinggi. Setiap orang bergiliran untuk mengambil 1 balok dari bangunan Uno Stacko tersebut lalu mengembalikannya ke bagian paling atas dari bangunan tersebut. Yang kalah adalah orang yang menjatuhkan bangunan Uno Stacko tersebut, bisa pada waktu mengambil atau bahkan mengembalikan Uno Stacko-nya. Oh ya, dalam mengambil 1 balok tersebut ada aturannya, untuk peraturannya dapat dilihat di link yang sudah diberikan ya.
Pada waktu saya memainkan game ini, yang kocak adalah terdapat "Punishment"/hukuman-nya setiap mengambil balok. Hal ini dikarenakan setiap balok pada Uno Stacko tersebut ditempeli kertas yang berisikan hukuman-hukumannya. Sehingga setiap mau mengambil balok ada perasaan deg-degan yang menakutkan karena selain takut jatuh, juga takut kena jenis hukuman apaan. Untuk jenis hukuman bisa disiapkan sekreatif mungkin, mungkin juga perlu dikasih kertas yang bertuliskan "Tidak ada hukuman" sehingga membuat pemain juga berekspektasi untuk lolos dalam mengambil baloknya. Kalau pada waktu saya memainkan permainan ini, jenis-jenis hukumannya lebih bersifat ke media sosial. Contohnya "Tulis di grup WhatsApp 'aqoeh kena hukuman niech..'" atau bisa juga "Update status BBM / Upload foto gokil" dan lain-lain..

Quiz Battle
Permainan ini terinspirasi dari permainan yang pernah dimainkan oleh Running Man pada permainan terakhirnya di episode 202. Untuk permainan ini, pembawa acara permainan diharapkan untuk mempersiapkan banyak pertanyaan yang dirasa cukup untuk durasi game yang diinginkan. Untuk lebih menarik, kategorikan pertanyaan-pertanyaan tersebut, misal pada waktu saya membawakan permainan ini saya bagi pertanyaan menjadi kategori Alkitab, Kelompok sel (seputar anggota-anggota di kelompok sel saya), Musik, Teka-teki (pertanyaan tentang Riddle atau sejenisnya) dan Lain-lain (pertanyaan random). Masing-masing kategori bisa disiapkan mungkin sekitar 5 pertanyaan ya agar tidak kehabisan pertanyaan jika waktu masih ada.
Dalam permainan ini, terdapat 2 mode yaitu menyerang dan bertahan. Dalam 1 putaran, pemain yang menyerang hanya 1 orang dan sisanya bertahan. Pemain yang menyerang diminta untuk memilih 1 kategori, moderator membaca pertanyaan untuk kategori yang diminta tersebut. Setiap pemain yang bertahan akan menuliskan jawaban dari pertanyaan yang dibaca moderator di kertas. Pemain yang menyerang akan memilih 1 orang dari pemain yang bertahan untuk menunjukkan jawabannya pada kertas yang ditulisnya tersebut.
Jika pemain yang dipilih itu ternyata jawabannya salah, maka poin akan diberikan pada pemain yang menyerang dan pemain penyerang tersebut tetap menyerang pada putaran berikutnya. Jika pemain yang dipilih itu ternyata jawabannya benar, maka poin akan diberikan pada pemain yang bertahan tersebut dan pemain bertahan tersebut menggantikan posisi pemain penyerang tersebut. Begitu seterusnya sampai waktu habis atau seluruh pertanyaan sudah habis. Pemain yang mendapat poin tertinggi adalah pemenangnya.

The Werewolf Game
The Werewolf Game biasa juga dikenal dengan Mafia Game atau Game bunuh-bunuhan. Ide permainan ini adalah menggantung semua pemegang role "Werewolf" yang berkumpul bersama-sama dengan "Rakyat". Permainan ini bisa dilakukan di Board Game (menggunakan kartu) atau bahkan bisa dimainkan secara Online. Variasi dari permainan ini sangatlah banyak, saya sempet Googling sebentar tentang permainan ini dan melihat banyak banget variasi-variasi yang dilakukan. Daripada kebingungan dengan berbagai sumber, akhirnya saya memutuskan untuk menjelaskan permainan ini sendiri dengan lebih simple. Hehe..
Untuk permainan ini dibutuhkan Moderator untuk memimpin alur permainan. Untuk pemainnya akan mendapat role secara acak yaitu Doktor, Polisi, Rakyat Biasa, dan Werewolf. Ini yang simple sih, kalau mau role yang lebih banyak dapat Googling sendiri banyak kok. Untuk jumlahnya juga tidak ada rumus pastinya, tapi kalau saya sarankan jika pemain di bawah atau sama dengan 8 orang, gunakan 1 Doktor, 1 Polisi, 1 Werewolf, sisanya Rakyat Biasa. Jika di atas 8 orang, gunakan 1 Doktor, 1 Polisi, 2 Werewolf, sisanya Rakyat Biasa. Kalau dirasa kurang imbang, dapat disesuaikan sendiri misalnya dengan menambah jumlah polisinya.
Tugas Werewolf adalah membunuh setiap Penduduk (bukan Werewolf) pada fase malam dan lolos dari tiang gantungan pada fase siang sampai jumlah Penduduk sama dengan jumlah Werewolf. Tugas Doktor adalah melindungi pemain yang diincar oleh Werewolf pada fase Malam. Tugas Polisi adalah menunjuk satu orang pada fase malam, Moderator akan memberi tanda apakah orang yang ditunjuk adalah Werewolf atau bukan Werewolf selain itu Polisi juga dapat menembak salah satu pemain pada fase siang. Untuk Rakyat Biasa ya tidak ada yang khusus, namanya juga rakyat biasa colonthree emotikon .. Penduduk (bukan Werewolf) akan menang jika semua pemegang role Werewolf sudah mati.
Agar permainan ini bisa dilakukan, biasanya daripada ribet gunakan kartu remi saja. Silahkan janjian, misalnya kartu "As" merupakan Polisi, "Queen" merupakan Doktor, Rakyat Biasa merupakan angka biasa, dan "Joker/Jack" merupakan Werewolf. Selanjutnya kartu tersebut disiapkan sesuai jumlah pemainnya dan jumlah masing-masing rolenya. Kartu dibagikan secara tertutup kepada setiap pemain sehingga masing-masing pemain tidak tahu kartu yang dipegang oleh pemain lain.
Moderator memulai permainan dengan fase malam dimana semua pemain diminta tutup mata lalu Moderator mulai bercerita. Ceritanya boleh di-dramatisir atau dibuat lucu yang pasti jangan langsung to the point nanti pemainnya kurang menghayati. Contohnya "Di malam yang sunyi sepi, muncullah penduduk yang jahat yang ingin menghabiskan seluruh penduduk di kampung ini" atau versi lucunya "Di malam yang penuh kegalauan, munculah seorang jomblo yang ingin membunuh para mantan di kampungnya". Dilanjutkan dengan instruksi "Werewolf buka mata", nah setelah instruksi ini pemain yang memegang role Werewolf akan buka mata lalu menunjuk satu orang yang mau dibunuhnya. Setelah selesai, cerita dilanjutkan dengan instruksi untuk "Doktor buka mata" (bisa diselingi cerita supaya lebih menghayati :p). Doktor akan membuka matanya dan menunjuk satu orang yang mau dilindungi. Lalu selanjutnya "Polisi buka mata", Polisi membuka mata dan menunjuk salah satu orang, Moderator akan memberi tanda Mengangguk jika pemain yang ditunjuk adalah Werewolf atau sebaliknya. Setelah selesai, semua pemain diminta buka mata lalu dibacakan pengumuman tentang kondisi yang terjadi. Contohnya "Werewolf berhasil membunuh pemain X, dan pemain X mati" atau "Werewolf tidak berhasil membunuh karena Doktor berhasil melindungi penduduk". Setelah pengumuman dibacakan dilanjutkan dengan fase siang.
Fase siang ini diutamakan untuk menggantung salah satu pemain dengan melakukan Voting. Pemain dengan vote terbanyak dianggap mati dan membuka kartunya. Jika voting sama bisa dilakukan random dengan coin atau biasanya sih saya menyuruh pemain berdebat lagi sampai hasil voting tidak sama. Setelah selesai fase siang ini, permainan dilanjutkan dengan fase malam, dan seterusnya sampai kondisi kemenangan sudah dicapai oleh salah satu kubu.
Fuh... Panjang juga ya untuk menjelaskan game ini. Ini emang permainan agak susah menjelaskannya, tapi waktu permainan dilakukan biasanya di luar ekspektasi loh. Seru abis dan ngakak abis. Lihat orang yang biasanya diem bisa tiba-tiba rame atau lainnya. Di game ini kita akan benar-benar bisa mengerti betapa kompleksnya manusia, terutama dalam hal menipu. Haha 

Pesta Binatang (Gajah masuk kulkas)
Tags: Pertanyaan berantai, binatang
-Bagaimana cara memasukkan gajah ke dalam kulkas?
A: buka pintu, masukkan gajah, tutup pintu kulkasnya.
-Bagaimana cara memasukkan jerapah/kangguru (atau hewan lain) ke dalam kulkas?
A: Buka kulkasnya, keluarkan gajahnya, masukkan hewan itu, tutup kembali kulkasnya.
-sang Singa mengumpilkan semua binatang, tapi ada yang tidak hadir. Siapa?
A: binatang yang terakhir masuk kulkas.
dan lanjutannya... (pokoknya yang berbau pertanyaan berantai, tapi khusus yang bertema seperti ini)

Uang Seribuan yang Hilang
A, B, dan C mau beli barang harganya 25000, karena nggak cukup duitnya mereka patungan satu orang 10000 (jadi totalnya 30000) kembalian 5000 dibagi rata masing2 orang 1000, sisanya 2000 dikasih jadi tip ke sellernya
Nah, kan berarti harga barangnya 10000-1000=9000 tiap orang, ditambah 2000 yang jadi tip berarti 27000 + 2000 = 29000
Uang seribuannya kok hilang?
Spoiler for jawab:
Jawab: ini nggak ilang, yang dibold itu hitungan sesat :
Harga barang diatas udah jelas 25000, bukan 9000 x 3 =27000 :
1=5, 5=?
1=5
2=10
3=15
4=20
5=?
(atau kombinasi lainnya)
Spoiler for jawab:
5=1
kan udah dibilang 1=5 :
a = b, jadi b=a

Hitung Jumlah Bulatan
10=1
18=2
125=0
977008=5
654321=1
8900809=?
Spoiler for jawab:
Hitung jumlah bulatannya :
8 bulatannya 2, 9, 6, sama 0 bulatannya 1, angka lain nggak ada bulatan jadinya 0.. terus tinggal dijumlahin aja

Hitung Jumlah Huruf dalam Angka
1=4
2=3
3=4
4=5
5=?
6=?
Spoiler for jawab:
1=SATU
2=DUA
3=TIGA
...terusin sendiri.
Juga ada kombinasi bahasa lain, misal English; ONE, TWO, THREE, etc. Kalau bahasanya masih lain, silahkan buka kamus atau pake gugel translet.

Rp 100,00 = 100 Butir Telur
Harga telur adalah sebagai berikut:
10 telur puyuh = 1 rupiah
1 telur ayam = 3 rupiah
1 telur bebek = 6 rupiah
Pertanyaan: Berapa butir telur untuk setiap jenis telur yang harus dibeli agar kita bisa menghabiskan Rp 100,00 tanpa kembalian?
Spoiler for Jawaban:
telur puyuh: 70 butir = 7 rupiah
telur ayam: 29 butir = 87 rupiah
telur bebek: 1 butir = 6 rupiah
TOTAL: 100 butir = 100 rupiah
Sebenernya udah ngejawab tapi tanpa penjelasan. Bagusan dikasih rumusnya deh kalau bisa
• Logika Angka
5+3+2 = 151012
9+2+4 = 183662
8+6+3 = 482466
5+4+5 = 202504
7+5+2 = ?
Spoiler for Jawaban:
a+b+c=pqrstu
pq=a*b
rs=a*c
ut=(a+c)*b
tu=ut dibalik
7+5+2=351454
contoh:
5+3+2 = ...
Cara:
5x3 = 15
5x2 = 10
(5+2)x3 = 21 dibalik jadi 12
jadi jawabannya 151012

 Monty Hall Problem
Kamu sedang mengikuti acara kuis di televisi. Tujuan acara kuis ini adalah memenangkan sebuah mobil sebagai hadiah. Pembawa acara meperlihatkan tiga pintu kepadamu. Dia berkata bahwa di balik salah satu pintu ada mobil dan di balik kedua pintu lainnya da kambing. Dia memintamu memilih salah satu pintu. Kau pun memilih sebuah pintu, namun pintu itu tidak langsung dibuka.
Kemudian pembawa acara membuka salah satu pintu yang tidak kau pilih untuk memperlihatkan seekor kambing (karena dia tahu apa yang ada di balik masing-masing pintu). Kemudian dia berkata kau mendapat satu kesempatan terkahir untuk berubah pikiran sebelum semua pintu dibuka dan akhirnya ketahuan apakah kamu memperoleh mobil atau kambing.
Jadi apakah sebaiknya kamu berubah pikiran dan memilih pintu lainnya atau tetap pada pintu yang kamu pilih sebelumnya?
Spoiler for Jawaban:
Kamu harus berubah pikiran dan memilih pintu lainnya sebab ada peluang 2:3 bahwa di balik pintu itu ada mobil.
Kenapa peluangnya bukan 50:50?
1. Diagram Peluang
Kamu memilih sebuah pintu:
• • Kamu memilih pintu yang di belakangnya ada kambing
• • • • Tidak mengganti pilihan: mendapat kambing
• • • • Mengganti pilihan: mendapat mobil
• • Kamu memilih pintu yang di belakangnya ada kambing
• • • • Tidak mengganti pilihan: mendapat kambing
• • • • Mengganti pilihan: mendapat mobil
• • Kamu memilih pintu yang di belakangnya ada mobil
• • • • Tidak mengganti pilihan: mendapat mobil
• • • • Mengganti pilihan: mendapat kambing
2. Cara Matematika
Masing-masing pintu disebut X, Y, dan Z
Cx itu kejadian adanya mobil di balik pintu X dst
Hx itu kejadian pembawa acara membuka pintu X dst
Kalau kamu memilih pintu X, maka peluangmu untuk memenangkan mobil jika mengubah pilihan akan dijelaskan oleh rumus berikut:
P (Hz ^ Cy) + P (Hy ^ Cz)
= P (Cy) . P (Hz | Cy) + P (Cz) . P (Hy | Cz)
= (1/3 . 1) + (1/3 . 1)
= 2/3

Si Jujur dan Si Bohong
Kamu berada di persimpangan dan galau nggak tahu jalan mana yang benar. Saat itu muncullah 2 orang, satunya selalu jujur, satunya tukang bohong. Sayangnya, kamu nggak bisa ngebedain mereka. Bagaimana caranya kamu bisa menemukan jalan yang benar?
Spoiler for jawab:
Bertanyalah pada mereka: 'Jika saya tanya pada orang sebelah kamu, jalan mana yang akan dia tunjuk?'
Jawaban mereka akan sama, dan silahkan kamu pilih jalan yang nggak mereka tunjuk, karena itulah jalan yang benar.
Kenapa? Si Jujur akan memberitahu jawaban si Bohong (sudah pasti salah)
Si Bohong akan bohong soal jawaban si Jujur (awalnya benar dibuat salah)
jadi, pilih yang nggak mereka tunjuk

Ini kan anak saya!
Seorang polisi menemukan korban kecelakaan dan berteriak, 'Ini kan anak saya!' sambil tergesa-gesa lari ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit, dokter yang menangani korban juga histeris, 'Ini kan anak saya!'
Kok bisa? Jadi itu anak siapa?
Spoiler for jawab:
Itu anak polisi sama dokter. Dokternya cewe :

Teka-teki Siput
Seekor siput tenggelam di dasar sumur sedalam sekian meter. Setiap siang hari dia maksimal bisa memanjat 3 meter, tetapi di malam hari tenggelam lagi 2 meter. Berapa lama dia harus manjat sumur biar bisa keluar?
Spoiler for jawab:
Siang naik 3 meter, malam turun 2 meter, berarti tiap hari bisa naik 1 meter (selisih 3-2). Tinggal dibagi kedalaman sumur aja.

KAMBING, SAYUR, DAN HARIMAU
---
Anda harus menyebrangkan seekor kambing, satu buah kotak berisi sayuran, dan seekor harimau
Perahu hanya muat oleh anda dan 1 buah muatan.
Dan jika perahu meninggalkan barangnya di satu sisi, akan terjadi aksi makan memakan:
-kambing akan memakan sayur
-harimau akan memakan kambing
Bagaimana caranya agar ketiga barang tersebut bisa terseberangkan tanpa ada satupun barang yang dimakan?
Spoiler for solusi:
- ambil kambing lalu seberangkan, tinggalkan kambing di sisi yang lain lalu kembali ke sisi awal.
- ambil sayur (atau harimau juga boleh), seberangkan, taruh barang itu, ambil kembali kambingnya, lalu kembali ke sisi awal.
- letakkan kambing, ambil barang satunya lagi, seberangkan, taruh, kembali.
- ambil kembali kambing yang kita tinggalkan di sisi satunya, seberangkan, taruh. Selesai.

Penghuni Apartemen
Dia selalu bisa lebih cepat sampai rumah ketika musim hujan. Kenapa?
Spoiler for jawab:
Karena pas musim hujan bawa payung, jadi bisa mencet tombol lift. Kalau nggak musim hujan nggak bawa payung harus naik tangga jadi lebih lama sampenya
nama ayah/sejenisnya

albert adalah ayah einstein
albert adalah ............ ayah einstein
atau sejenisnya
Spoiler for jawab:
nama

nama adek/sejenisnya
bila adek siti suka menyanyi , maka siapa nama adek siti ?
Spoiler for jawab:
bila

amuba
amoeba/bakteri membelah diri setiap 1 menit sekali dalam toples, dan toples penuh dengan bakteri pada 1 jam, pada menit ke berapakah toples setengah penuh
Spoiler for jawab:
1 jam udah penuh , satu menitnya membelah diri , berarti setengah penuhnya menit ke 59

Penghuni Apartemen yang Kerdil Soal : seorang lelaki tinggal di lantai 50 sebuah apartemen, setiap pulang bekerja ia naik lift hingga lantai 25 kemudian melanjutkan naik tangga hingga lantai 50 apatementnya. namun jika hari itu hujan, ketika pulang ia naik lift langsung hingga lantai 50.
Pertanyaan : kenapa begitu?
Spoiler for jawab:
karena lelaki yang tinggal dilantai 50 itu orangnya kerdil, jadi dia cuma bisa pencet tombol lift sampai lantai 25 doang. kalo hari lagi hujan, dia bawa payung makanya bisa pencet tombol lift sampai lantai 50.

Tiga Lampu, Tiga Saklar
Soal : ada 3 ruangan yang masing-masing berisi 1 lampu, kamu berada di ruangan nomor 2 bersama ketiga saklar lampu. ketiga ruangan ini dibatasi oleh tembok tanpa jendela, kamu hanya boleh pindah ke ruangan lain sebanyak 1x.
Pertanyaan : Bagaimana cara menentukan saklar mana untuk lampu mana hanya dalam 10 menit?
Spoiler for jawab:
kamu berada di ruangan nomor 2, kamu menekan satu persatu saklar hingga menemukan saklar lampu ruang nomor 2, kemudian tekan saklar yang lainnya (bukan saklar lampu ruang nomor 2) selama 9 menit.
setelah 9 menit berlalu matikan seluruh saklar dan pindah ke salah satu ruangan (ruang 1 atau ruang 3) pegang bohlam lampunya, jika terasa panas berarti saklar yang anda nyalakan selama 10 menit adalah saklar untuk ruangan itu, dan berlaku kebalikannya andai lampu tersebut tidak panas.

Empat Orang (1, 2, 5, 10 menit) Menyeberang Jembatan":
Empat orang berada dipinggir sungai pada malam hari. Terdapat jempatan yang sempit, tetapi hanya bisa dipakai maksimal 2 orang pada saat bersamaan. Mereka memiliki satu senter/obor, karena malam hari, maka diperlukan senter/obor untuk menyebrang jembatan. Si A dapat menyebrangi jempatan dalam 1 menit, B dalam 2 menit, C dalam 5 menit, dan D dalam 8 menit. Ketika dua orang bersama2 menyeberangi jembatan bersama2, waktu yang diperlukan adalah waktu orang yang paling lambat. Apakah mereka bisa menyebrangi jembatan dalam 15 menit atau kurang.
Spoiler for "contoh jawaban salah":
AB menyebrang = 2 menit
A kembali = 1 menit
AC menyebrang = 5 menit
A kembali = 1 menit
AD menyebrang = 8 menit
Total = 17 menit
Spoiler for "jawaban benar":
AB menyebrang = 2 menit
A kembali = 1 menit
CD menyebrang = 8 menit
B kembali = 2 menit
AB menyebrang 2 menit
Total = 15 menit

Seribu Anggur, Satu Racun":
Seorang raja memiliki 1000 botol anggur dalam gudangnya. Pada suatu hari ketahuan bahwa ada orang yang menaruh racun dalam salah satu botol anggur tersebut, dan karena racunnya sangat kuat, yang meminum anggur tersebut, meskipun sedikit sekali, akan mati tepat dalam 30 hari. Raja akan mengadakan pesta 31 hari lagi. Bagaimana dia bisa mencari botol anggur mana yang beracun dengan memakai 10 tawanan sebagai pengetes anggur tersebut ?
Spoiler for "jawaban":
Botol 1 sampai dengan botol 1000 diberi label sesuai dengan bilangan basis 2nya, yaitu 0000000001 sampai dengan 1111101000. Kemudian tawanan 1 disuruh minum sampel dari botol2 yang angka pertamanya 1. Tawanan kedua disuruh minum sampel dari boto2 yang angka keduanya 1. dst. Misalnya setelah tepat 30 hari, yang mati adalah tawanan 1, 5, 7,8 maka botol yang berisi racun adalah 1000101100 atau botol 556.

Spoiler for "Warna Beruang":
Seekor beruang berjalan 10 km arah selatan, kemudian 10 km arah barat, kemudian 10 km arah utara, dan berada kembali pada tempat semula. Apa warna beruang tersebut ?
Spoiler for "jawaban":
Warna beruang itu adalah putih. Hanya di kutub utara saja kondisi jalan 10 km selatan, 10 km barat, 10 km utara dan tepat berada pada tempat semula

menyeberang sungai (3 kanibal dan 3 pendeta)
---
Ada 3 orang kanibal dan 3 orang pendeta yang ingin menyeberang sungai.
Masalahnya jika jumlah pendeta kurang dari jumlah kanibal di suatu sisi sungai, maka kanibal akan memakan pendeta tersebut. Dan perahu hanya akan bergerak jika ada minimal satu orang yang naik untuk mengayuh dayungnya dan perahu hanya muat dua orang.
Bagaimana caranya agar bisa menyeberangkan semua orang tersebut tanpa ada pendeta yang dimakan?
Spoiler for solusi:
misalkan A,B dan C adalah pendeta dan a, b dan c adalah kanibal:
Mulai: AaBbCc_(kosong)
1. BbCc_Aa_(kosong)
2. BbCc_A_a
3. ABC_bc_a
4. ABC_a_bc
5. Aa_BC_bc
6. Aa_Bb_Cc
7. ab_AB_Cc
8. ab_c_ABC
9. b_ac_ABC
10. b_B_AaCc
11. (kosong)_Bb_AaCc
Akhir: (kosong)_AaBbCc
---
Alternatif, jika orang di dalam perahu dihitung satu dalam suatu sisi:
Mulai: AaBbCc_(kosong)
1. BbCc_Aa_(kosong)
2. BbCc_a_A
3. BCc_ab_A
4. BCc_b_Aa
5. Cc_Bb_Aa
6. Cc_b_AaB
7. C_bc_AaB
8. C_c_AaBb
9. (kosong)_Cc_AaBb
Akhirkosong)_AaBbCc

 Magic Square":
Susunlah angka 1 sd 9, dalam kotak 3x3, sehingga jumlah tiap2 baris, tiap2 kolom dan 2 diagonalnya adalah sama
Spoiler for "jawaban":
276
951
438
http://en.wikipedia.org/wiki/Magic_square

Spoiler for "8 menteri":
Susunlah 8 menteri dalam papan catur, sehingga tiap menteri tidak saling menyerang
Spoiler for "jawaban":
Ada 92 jawaban
PHP Code:
Q.......
....Q...
.......Q
.....Q..
..Q.....
......Q.
.Q......
...Q....
Q.......
.....Q..
.......Q
..Q.....
......Q.
...Q....
.Q......
....Q...
Q.......
......Q.
...Q....
.....Q..
.......Q
.Q......
....Q...

usia 3 anak:
Pada sebuah sensus, seorang ibu mengatakan kepada yang mensensus bahwa dia memiliki 3 orang anak. Ketika ditanya usia ketiga anaknya, ibu itu menjawab, "Hasil kali umur2 mereka adalah 72. Dan jumlah umur2 mereka adalah sama dengan nomor rumah saya". Orang yang mensensus kemudian berkata, "Saya masih belum bisa menebak umur2 mereka". Kemudian ibu itu menjawab, "Oh, yang paling tua masih suka makan coklat". Setelah itu yang mensensus baru mengetahui umur2 anak2nya. Berapakah umur2 mereka ?
Spoiler for "jawaban":
kemungkinan hasil kali 3 angka sama dengan 72 adalah
umur2 jumlah umur
1 1 72 74
1 2 36 39
1 3 24 28
1 4 18 23
1 6 12 19
1 8 9 18
2 2 18 22
2 3 12 17
2 4 9 15
2 6 6 14 **
3 3 8 14 **
3 4 6 13
dari semua kemungkinan itu, hanya 266 dan 338 yang memiliki jumlah angka yang sama, oleh sebab itu jawabannya adalah salah satu dari ini. Apabila jawabannya selain ini, maka pensensus bisa langsung menebak umur tanpa menanyakan ibunya lagi.
karena pada 266 tidak ada anak tertua, maka jawabannya adalah 338

Pencuri Yang Berbohong
Kemana si Pencuri Kabur
Di Rusia terjadi pencurian, si maling masuk ke dalam masjid. Beberapa jamaah di dalam masjid kemudian memberikan kesaksian.
A : Si maling itu memakai baju putih dan celana jeans. (Si A tampak kecapekan karena ngos-ngosan)
B : Si maling berlari ke arah kiblat, yaitu ke arah barat. (Si B tampak berusaha duduk tenang di lantai)
C : Si maling meninggalkan barang curiannya di salah satu tiang masjid. (Si C tampak melawan ketika ia ditanya benda curian yang ia pegangi)
Siapakah pelakunya?
Spoiler for Dan jawabannya.... adalah...:
Si A capek berlari mengejar si maling, makanya ia ngos-ngosan. Si C melawan karena ia memang bukan maling dan menemukan benda curian di salah satu tiang masjid. Si B berbohong karena ia tak punya alibi lain, arah kiblat di Rusia adalah ke Selatan.

Halaman Sempilan
Seorang yang kaya raya kehilangan amplop berisi lembaran uang di ruang kerjanya. Ada 3 tersangka yang terakhir masuk ke dalam ruang kerjanya. A sang istri, B si supir dan C si pembersih ruangan
A : Saat masuk ruangan, saya tak melihat ada amplop di atas meja. Saya hanya melihat sebuah buku berwarna coklat tua karena saya membukanya.
B : Saya yang membawa amplop berisi uang itu dan menaruhnya di atas meja. Saya tak ingat jika ada buku di atas sana.
C : Saat masuk ruangan, saya melihat ada amplop yang terjatuh dari meja. Lalu saya mengambil dan meletakkannya di antara halaman 185 & 186.
Siapakah pelakunya?
Spoiler for Dan jawabannya.... adalah...:
Halaman antara 185 & 186 tidak pernah ada, Jadi kebohongan si C sekaligus merusak alibi yang sudah ia buat.

 Ada berapa angka 7 dari 1 hingga 1000?
Spoiler for Jawaban:
Cara paling mudah dalam menjawab adalah dengan mengerjakan di excel. Tulis angka awal (1), kemudian drag kanan bawah cell hingga jumlah yang diinginkan (1000). Pilih Fill series di notifikasi yang muncul.
Kemudian tekan Ctrl+H (Replace) angka yang dicari (7) dengan angka/huruf lain. Tekan Replace All. Kemudian akan muncul jawaban dalam box window report. (Excel has completed its search and has made 300 replacements).
Jadi jawabannya ada 300.
huruf 1. Apa yang muncul sekali tiap detik, duakali tiap setengah jam, tapi tak pernah muncul dalam satu abad/tahun/minggu/jam?
2. Apa yang hadir saat pagi, dua kali saat malam, tapi selalu menghilang saat sore?
Spoiler for Jawaban:
1. Huruf 'e', detik, setengah jam
2. Huruf 'a', pagi, malam

Dua Orang Bapak dan Dua Orang Anak
Tag : berburu, kakek, ayah, hutan
Dua orang bapak dan dua orang anak pergi berburu (kelinci/rusa/ikan) ke hutan. Karena sedang sial, mereka hanya berhasil menangkap 3 ekor binatang buruan saja. Sesampainya di rumah, setiap orang masing-masing memegang 1 ekor. Kok bisa?
Spoiler for Jawaban:
Memang hanya ada 3 orang saja dalam cerita. Kakek, Ayah, dan Cucu. Ayah merupakan seorang Bapak dan juga seorang Anak. Jadi memang ada dua orang bapak dan juga ada dua orang anak.

Mimpi Satpam
Tag : penjaga malam, bos, kecelakaan, marah
Suatu hari seorang penjaga malam bermimpi bosnya kecelakaan pesawat terbang. Kemudian dia menceritakan mimpinya tadi malam pada juragannya.Sang juragan kemudian membatalkan rencana perjalanannya hari itu. Tak lama berselang, muncul berita bahwa pesawat yg tadinya akan ia tumpangi benar-benar mengalami kecelakaan dan tak ada penumpang selamat. Si bos lantas menelpon si penjaga tadi lalu malah memecatnya.

Tanya kenapa?
Spoiler for jawaban:
Tugas penjaga malam adalah begadang untuk berjaga. Bukannya malah tidur dan bermimpi. Karena kelalaian dalam tugas inilah maka si penjaga dipecat.
tapi tenang aje, ini cerita happy ending kok. si penjaga direkrut jadi penasihat si bos. sementara si bos akhirnye meninggal karena tak ada yg bisa lolos dari maut. mirip kaya' final destination lah

Berlawanan Arah
Tag : sim, bis, bus, langgar, lalu lintas, jalan
Seorang pria baru saja mendapatkan SIM dan bekerja sebagai supir bis. Ia melalui jalan raya yang ramai dengan berlawanan arah. Anehnya tak terjadi kecelakaan dan polisi yg melihatnya pun tak menangkapnya. Bagaimana ini bisa terjadi?
Spoiler for Jawaban:
Dia berjalan kaki

 Deret Angka Segitiga
Tag : 1, 11, 21, 1211
Lanjutkan pola deret ini
1
11
21
1211
111221
312211
13112221
.......
Spoiler for Jawaban:
1113213211
Polanya adalah menjelaskan apa yang ada di baris atasnya secara berurutan.
Pada baris 1 ada sebanyak 1 angka 1, maka di baris kedua ditulis 11 (angka depan menunjukkan jumlah, angka belakang tipe angkanya)
Pada baris 2 ada sebanyak 2 angka 1, maka di baris ketiga ditulis 21
Pada baris 7 ada sebanyak 1 angka 1, 1 angka 3, 2 angka 1, 3 angka 2, dan 1 angka 1, maka ditulis 1113213211

 Deret Huruf
Tags: Huruf, Deret, Pola
---
O, T, T, F, F, ?
Spoiler for jawaban:
S
One, Two, Three, Four, Five, Six, ...
varian:
S, D, T, E, L, E, ?
Spoiler for jawaban:
T
Satu, Dua, Tiga, Empat, ...

3 komentar:

Ubed mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ubed mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ubed mengatakan...

The Werewolf Game

Kelengkapan :
- 37 Kartu
- Box
- Rules Of The Game (Bahasa Indonesia)

Format Pembelian :
- Atas Nama
- No. HP.
- Alamat Lengkap

Bahan AP260 (durable), Harga Rp. 60.000,- (ongkir ditanggung pembeli)
CP. 085 731 790 714 (TELP, SMS, WA or LINE)
Pengiriman Via JNE (Silahkan cek ongkir di jne.co.id)
Lokasi Kab. Mojokerto

Penampakan :
http://jualkartuwerewolf.blogspot.co.id/